PRIVAT SMARTA

PRIVAT SMARTA

Rabu, 17 Desember 2014

Tentang Quantum Accelarated Learning


Accelerated Learning adalah suatu sistem menyeluruh yang meliputi berbagai cara dan teknik untuk mempercepat dan meningkatkan perancangan dan proses belajar secara alamiah.

Program pelatihan accelerated learning yang paling berhasil dijalankan mengindahkan secara seksama prinsip-prinsip dasar berikut:

1. Belajar melibatkan seluruh fikiran dan tubuh, belajar tidak hanya menggunakan otak (sadar, rasional, memakai otak kiri dan verbal), tetapi juga melibatkan seluruh tubuh / fikiran dengan segala emosi, indra dan sarafnya.

2. Belajar adalah berkreasi bukan mengkonsumsi, pengetahuan bukanlah sesuatu yang diserap oleh pembelajar, melainkan sesuatu yang diciptakan pembelajar. Pembelajaran terjadi ketika seorang pembelajar memadukan pengetahuan dan ketrampilan baru kedalam struktur dirinya yang telah ada.

3. Kerja sama membantu proses belajar. Semua usaha belajar yang baik mempunyai landasan sosial. Kita biasanya belajar lebih banyak dengan berinteraksi dengan kawan-kawan daripada yang kita pelajari dengan cara lain manapun. Persaingan diantara pembelajar memperlambat pembelajaran. Kerjasama diantara mereka mempercepatnya. Suatu komunitas belajar selalu lebih baik hasilnya daripada beberapa individu yang belajar sendiri-sendiri.

4. Belajar paling baik adalah belajar dalam konteks. Pengalaman yang nyata dan konkret dapat menjadi guru yang jauh lebih baik daripada sesuatu yang hipotesis dan abstrak.

5. Emosi positif sangat membantu pembelajaran. Perasaan menentukan kualitas dan juga kuantitas belajar seseorang. Perasaan negatif menghalangi belajar. Perasaan positif mempercepatnya. Belajar yang penuh tekanan, menyakitkan dan bersuasana muram tidak dapat mengungguli hasil belajar yang menyenangkan, santai dan menarik hati.


1 komentar: